Apa Kabar Terumbu Karang Indonesia? Ngobrol bersama Peneliti LIPI Muhammad Abrar

Muhammad Abrar
Muhammad Abrar, peneliti Pusat Penelitian Oseanografi LIPI. (Photo: dok Abrar)

Semarang, Idola 92.6 FM – Dikabarkan bahwa sebagian terumbu karang di kawasan konservasi perairan Pulau Waigeo Kepulauan Raja Ampat Provinsi Papua Barat telah memutih.

Seperti yang diberitakan oleh LKBN Antara, Kepala Badan Layanan Umum Daerah Unit Pelaksana Teknis Dinas Kawasan Konservasi Perairan Daerah Raja Ampat Safri mengatakan bahwa data awal dari survei yang dilakukan di lebih dari sepuluh tempat penyelaman memperlihatkan adanya pemutihan terumbu karang jenis karang cabang, karang meja, dan karang lunak.

Menurut Safri, perubahan suhu berkontribusi pada kejadian pemutihan terumbu karang yang terjadi di wilayah perairan Raja Ampat.

Lalu, apa saja yang membuat terumbu karang di perairan Pulau Waigeo, Kepulauan Raja Ampat, memutih? Bagaimana cara menanganinya? Bagaimana pula dengan kondisi terumbu karang di perairan Indonesia?

Menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, berikut ini wawancara radio Idola Semarang dengan Peneliti Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Muhammad Abrar S.Si, M.Si. Abrar juga dikenal aktif meneliti dan memonitoring kondisi terumbu karang Indonesia, termasuk pemutihan karang. (yes/her)

Dengarakan podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaBandara Ahmad Yani Sebut Hari Ini Puncak Mudik Nataru
Artikel selanjutnyaMembaca Arah Reshuffle Kabinet Indonesia Maju