Menkes Targetkan Sebanyak 59 Persen Masyarakat Tervaksinasi Lengkap pada Akhir Tahun

Vaksinasi
image/istimewa

Semarang, Idola 92.6 FM – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menargetkan sebanyak 59 persen masyarakat di Tanah Air akan tervaksinasi lengkap dua dosis pada akhir tahun nanti. Proses penyuntikan kini berjalan masif di seluruh daerah di mana target 2 juta vaksin per hari telah tercapai.

Diperkirakan sampai akhir tahun nanti vaksinasi bisa mendekati 300 juta suntikan dan 168 juta rakyat sudah bisa disuntik dari target 208 juta atau 80,5 persen. Kemudian, diperkirakan untuk dosisi kedua atau vaksinasi lengkap bisa menyentuh 122 juta orang atau sekitar 59 persen dari target populasi kita sebanyak 208 juta.

Demikian dikatakan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam jumpa pers virtual, Senin 18 Oktober lalu.

“Arahan presiden agar dipercepat terutama ibu kota-ibu kota provinsi yang masih rendah dan beberapa kota yang padat penduduknya. Dan, yang juga mau mengadakan acara-acara besar seperti yang di Mandalika agar bisa kita percepat,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Dikatakan Budi Gunadi Sadikin, di tengah upaya penanggulangan Pandemi Covid-19, Indonesia saat ini juga sedang menjajaki obat-obatan antivirus Covid-19. Di antaranya Molnuvirapir, AT-257, dan proxalutamide. Dengan adanya obat-obatan antivirus dan vaksinasi Covid-19, diharapkan Indonesia bisa segera memasuki transisi pandemi menjadi endemi di Indonesia.

“Jadi, kami terus memonitor perkembangan obat-obattan untuk virus Covid-19 ini. Dan sekarang, obat-obattan itu sudah memasuki uji klinis tahap 3. Untuk obat-obattan yang memang promicing, kami akan menawarkan agar uji klinis tahap 3-nya juga bisa dilakukan di Indonesia,” ujar Budi Gunadi Sadikin.

Sebelumnya, Juru bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menyebut, upaya percepatan vaksinasi salah satunya dilakukan dengan mendekatkan pos-pos vaksinasi di tengah-tengah lingkungan warga.

Siti Nadia menambahkan, dukungan kemitraan baik berupa tempat layanan, tenaga tim vaksinator, edukasi dan mobilisasi masyarakat, sarana dan prasarana efektif mempercepat pencapaian target vaksinasi.

Data teranyar per 18 Oktober 2021, total jumlah vaksinasi pertama sudah mencapai 107.981.016. Sementara total jumlah vaksinasi kedua di Indonesia sebanyak 63.188.800. Adapun total sasaran vaksinasi sebanyak 208.265.720 orang. (tim/ ade/ her)

Menkes Targetkan Sebanyak 59 Persen Masyarakat Tervaksinasi Lengkap pada Akhir Tahun
Artikel sebelumnyaPemerintah Kembali Perpanjang PPKM Berbasis Level
Artikel selanjutnyaEmpat Pasangan Bukan Suami Istri Terjaring Operasi Yustisi

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini