Obyek Wisata di Jateng Dijaga Selama Nataru

Kombes Pol Iqbal Alqudusy
Kombes Pol Iqbal Alqudusy, Kabid Humas Polda Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM – Polda Jawa Tengah menggelar 76 pos pengamanan di seluruh obyek wisata selama Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, guna memberikan rasa aman dan selamat kepada para wisatawan. Seluruh obyek wisata di 35 kabupaten/kota se-Jateng mendapatkan pengamanan, berdasarkan level PPKM pada daerah masing-masing.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Iqbal Alqudusy mengatakan obyek wisata yang menjadi pengamanan adalah wisata alam, wisata budaya dan wisata bahari hingga alun-alun. Pernyataan itu dikatakannya saat ditemui di kegiatan temu wartawan di Salib Putih Salatiga, belum lama ini.

Iqbal menjelaskan, untuk wisata alam terdiri dari 31 pos pengamanan dengan jumlah personel sebanyak 703 orang. Sedangkan untuk wisata bahari ada 18 pos pengamanan, dan 94 personel serta wisata lainnya 23 pos pengamanan dengan 917 personel.

Menurutnya, seluruh personel yang berjaga di lokasi obyek wisata harus mampu menegakkan dan mendisiplinkan protokol kesehatan kepada para wisatawan. Mulai dari pemeriksaan vaksinasi, atau pemeriksaan tes negatif COVID-19.

“Memang sudah terstruktur. Kesiapannya sudah mulai dari sasaran-sasaran yang harus dilakukan pengamanan, salah satunya adalah di tempat wisata. Nanti akan bekerja sama dengan gugus tugas, memetakan tempat-tempat tertentu mana-mana yang perlu penebalan dan yang agak diperlonggar. Yang pasti, prokes itu tetep harus jadi sasaran utama,” kata Iqbal.

Lebih lanjut Iqbal menjelaskan, pengamanan tidak hanya dilakukan di tempat obyek wisata saja tetapi juga di pusat perbelanjaan. Setidaknya ada 23 pos pengamanan di pusat perbelanjaan, dan melibatkan 917 personel.

“Untuk di fasilitas umum, kapasitas maksimalnya maksimal 50 persen. Petugas nanti juga akan membagikan masker, jika ada masyarakat yang kedapatan tidak memakai masker,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaDJP Jateng I Terus Jaga Integritas Anti Korupsi
Artikel selanjutnyaPKK Jateng Dukung Kedaulatan Pangan Berbahan Lokal
Wartawan senior Radio Idola Semarang.