Sebanyak 115 Daerah Mulai Gelar Vaksinasi Covid-19 pada Anak

Vaksin
ilustrasi/istimewa

Jakarta, Idola 92.6 FM – Sebanyak 115 kabupaten/kota di Indonesia mulai menggelar vaksinasi Covid-19 pada anak mulai Selasa 14 Desember 2021. Hal itu karena ke-115 daerah tersebut telah memenuhi syarat untuk menggelar vaksinasi anak usia 6-11 tahun, yakni sudah memenuhi kriteria 70 persen vaksinasi dosis pertama dan 60 persen vaksinasi pada lanjut usia atau lansia.

Hal itu dikatakan Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dalam jumpa pers virtual Senin 13 Desember lalu.

“Siapa yang boleh melakukan vaksinasi anak ini? Adalah kabupaten/ kota yang sudah memenuhi kriteria 70 persen vaksinasi dosis pertama dan 60 persen vaksinasi untuk lansia,” kata Budi Gunadi Sadikin.

Dikatakan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, secara terbatas, pelaksanaan vaksinasi pada anak usia 6 hingga 11 tahun mulai digelar pada Selasa 14 Desember 2021. Vaksin yang digunakan yakni vaksin Sinovac yang telah mendapatkan persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Ada 115 kabupaten/kota di beberapa provinsi yang bisa memulai vaksinasi pada anak. Daerah-daerah tersebut terdapat di 11 provinsi di Indonesia yaitu: Banten, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, dan Bali.

“Jadi kita identifikasi, ada 115 kabupaten/kota dibeberapa provinsi yang sudah memenuhi kriteria ini, mereka yang akan kita alokasikan vaksin sinovac untuk bisa memulai suntik anak-anak 6-11 tahun mulai besok (hari ini, Selasa 14 Desember 2021-Red),” ujar Budi Gunadi Sadikin.

Sementara itu, menjelang akhir tahun 2021, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga meminta pemerintah daerah untuk meningkatkan capaian vaksinasi dalam tiga minggu terakhir tahun ini. Daerah yang capaian vaksinnya masih rendah, diminta Gubernur untuk segera menyusun strategi percepatan vaksinasi Covid-19. Ganjar juga mengingatkan pada sejumlah daerah yang stok vaksinnya mendekati masa kadaluarsa agar disegerakan melakukan vaksinasi pada warga. (tim/ade/her)

Sebanyak 115 Daerah Mulai Gelar Vaksinasi Covid-19 pada Anak
Artikel sebelumnyaPemerintah Perpanjang PPKM Hingga 3 Januari 2022
Artikel selanjutnyaPabrikan Otomotif Matik Bersiap Hadapi Gempuran Motor Listrik