Tim Mahasiswa Unsoed Purwokerto Berinovasi Membuat Hand Sanitizer Berbahan Dasar Daun Mangga

Tim riset UKMPR Unsoed
Tim riset UKMPR Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto berinovasi dengan membuat hand sanitizer berbahan dasar daun mangga. (Photo dok Reza)

Purwokerto, Idola 92.6 FM – Saat ini, banyak ragam bahan yang bisa digunakan untuk membuat hand sanitizer. Ada hand sanitizer berbahan dasar lidah buaya, daun suruh dan yang lain. Tetapi yang ini, tak kalah inovatif.

Tim mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, berinovasi dengan membuat hand sanitizer berbahan dasar daun mangga. Inovasi ini merupakan bagian dari kegiatan Riset Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran dan Riset (UKMPR) yang setiap tahun dilaksanakan. Ada 10 mahasiswa yang tergabung dalam tim ini.

Mereka adalah Reza Darmawan (jurusan Teknik Pertanian), Ila Agustin (jurusan Agroteknologi), Piyah Sopiani (jurusan Biologi), Ratna Nur Fauziah (jurusan Peternakan), Fitri Yuliani (jurusan Biologi), Laila Septiani (jurusan Kimia), Ainaya Hanifa Nur Aisya (jurusan Biologi), Rini Dwi Puspitasari (jurusan Farmasi), Jalalludin (jurusan Peternakan), dan Alfi Nurillah Putri M. (jurusan Kesehatan Masyarakat)

Uji coba pemakaian hand sanitizer
Uji coba pemakaian hand sanitizer berbahan dasar daun mangga karya tim mahasiswa Unsoed Purwokerto. (Photo dok Reza)

Menurut Reza Darmawan anggota tim UKMPR, tim mulai meneliti sejak awal Agustus-September 2021. Bersama anggota tim lainnya, mereka meneliti komposisi yang terkandung di dalam daun mangga. Untuk menguatkan penelitiannya, mereka mencari referensi dari berbagai sumber.

Hand sanitizer daun Mangga
Hand sanitizer berbahan dasar daun mangga karya tim mahasiswa Unsoed Purwokerto. (Photo dok Reza)

Hingga kini, hand sanitizer karya bersama mahasiswa Unsoed ini, baru diproduksi untuk kalangan sendiri. Sambil menunggu hasil uji coba bagaimana kadar yang terkandung dalam cairan ini. Misalnya seberapa efektif membunuh kuman di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga usai.

Guna mengetahui bagaimana ide pemanfaatan daun mangga untuk pembuatan hand sanitizer berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Reza Darmawan, anggota tim dan mahasiswa semester 7 Jurusan Teknik Pertanian Unsoed Purwokerto. (yes/ her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaMemahami Keunikan dan Kelebihan Indonesia dalam Industri Mobil Listrik
Artikel selanjutnyaDinas LHK Jateng Ajak Warga Tanam Buah

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini