Kapal Gas Attaka Pasok Gas Elpiji Jadi ke Semarang

Kapal Gas Attaka
Kapal Gas Attaka milik Pertamina International Shipping saat berada di perairan laut Semarang, sekira dua mil dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Semarang, Idola 92,6 FM – Kapal Gas Attaka terus berkomitmen, untuk memasok kebutuhan gas elpiji untuk Semarang dari Tanjung Sekong di Merak. Meskipun menempuh perjalanan laut yang tidak dekat jaraknya, namun para pelaut kebanggaan Pertamina International Shipping itu tetap setia menjalankan tugas.

Direktur Armada Pertamina International Shipping Muhammad Irfan Zainul Fikri mengatakan Kapal Gas Attaka miliknya itu, mengambil dan membawa gas elpiji dari Tanjung Sekong di Merak menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dengan menempuh waktu lebih dari 10 jam lamanya. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di TBBM Pengapon Semarang, kemarin.

Irfan menjelaskan, setelah Kapal Gas Attaka berhasil sandar di Peldam Tanjung Emas dan melakukan bongkar muatan akan langsung diterima tangki-tangki di pelabuhan. Dari tangki-tangki penampungan itu, selanjutnya dipindahkan ke truk tangki khusus gas elpiji.

Menurutnya, armada mobil tangki gas itu yang nantinya membawa ke SPBE untuk dibagi ke tabung-tabung gas elpiji ukuran tiga kilogram maupun 12 kilogram dan sebagainya.

“Ketika Semarang misal kebutuhannya lima ribu meter kubik, maka kami siapkan kapal dengan ukuran lima ribu meter kubik untuk membawa gas elpiji dari Tanjung Sekong ke Semarang. Kalau Semarang mintanya lima ribu ya kami mengikuti permintaan,” kata Irfan.

Lebih lanjut Irfan menjelaskan, Kapal Gas Attaka nantinya akan merapat di Pelabuhan Dalam (Peldam) Tanjung Emas Semarang guna menurunkan muatan.

“Kapal ini memuat Propana dan Butana dan nanti ada yang namanya mixing facilies di darat. Ada tangki khusus yang mencampur Propana dan Butana, tentu ada komposisinya,” pungkasnya. (Bud)