8.563 Panwaslu Dilantik Siap Jalankan Tugas Pengawasan Pemilu

Proses pelantika panwaslu
Proses pelantika panwaslu di tingkat desa/kelurahan di Jawa Tengah.

Semarang, Idola 92,6 FM-Sebanyak 8.563 orang panwaslu di seluruh Jawa Tengah dilantik, untuk pengawasan Pemilu 2924.

Pelantikan dilakukan di masing-masing kecamatan setempat.

Komisioner Bawaslu Jateng Rofiuddin mengatakan jumlah panwaslu yang dilantik sebanyak 8.563 orang, dan di masing-masing desa/kelurahan dilantik serta ditetapkan satu orang panwaslu. Pernyataan itu dikatakan saat dihubungi lewat sambungan telepon, kemarin.

Rofi menjelaskan, dari 8.563 panwaslu yang telah dilantik itu sebanyak 2.691 orang atau 31 persen di antaranya berjenis kelamin perempuan.

Bawaslu Jateng mengapresiasi banyaknya perempuan yang menjadi panwaslu, dan pihaknya berkomitmen membuka ruang seluas-luasnya kepada perempuan menjadi penyelenggara pemilu.

Menurutnya, saat dibuka pendaftaran panwaslu animo masyarakat cukup besar dan mengalami peningkatan bila dibanding pemilu sebelumnya.

Hingga masa pendaftaran ditutup pada 19 Januari 2023, jumlah pendaftar mencapai 24.629 orang.

“Di masing-masing kecamatan memang jumlah perempuan dan laki-lakinya cukup bervariasi. Tapi kalau kita total di tingkat Jawa Tengah jumlah pengawas desa/kelurahan dari unsur perempuan itu mencapai 31 persen. Bawaslu selalu berkomitmen menjaga dan mengawasi proses-proses pemilu dan saat ini sudah ada jajaran di tingkat desa/kelurahan,” kata Rofi.

Lebih lanjut Rofi menjelaskan, Bawaslu Jateng berharap kepada seluruh panwaslu yang telah dilantik segera menyesuaikan diri untuk melaksanakan tugas-tugas pengawasan pemilu.

Saat ini, tahapan Pemilu 2024 juga sudah berjalan.

“Bawaslu berharap publik ikut mengawasi kinerja para pengawas pemilu. Masyarakat harus terlibat dalam proses penyelenggaraan Pemilu 2024, agar pemilu berjalan sesuai dengan ketentuan dan aturan yang ada,” pungkasnya. (Bud)