Resmi Dilantik, Pengawas TPS Bakal Disebar di Seluruh Wilayah di Jateng

Panwaslu kecamatan
Panwaslu kecamatan melakukan pelantikan pengawas TPS Pemilu 2024.

Semarang, Idola 92,6 FM-Panwaslu masing-masing kecamatan di seluruh Jawa Tengah, resmi melantik 117.299 orang sebagai Pengawas TPS.

Pengawas TPS itu bertugas, pada saat proses pemungutan suara hingga penghitungan suara di masing-masing TPS.

Komisioner Bawaslu Jateng Rofiuddin mengatakan jumlah pengawas TPS yang dilantik, sama dengan jumlah TPS di seluruh provinsi ini. Hal itu disampaikan melalui sambungan telepon, kemarin.

Menurut Rofi, sesuai dengan ketentuan bahwa satu TPS akan diawasi satu orang pengawas TPS.

Rofi menjelaskan, pada saat pelantikan pengawas TPS itu juga dilakukan penandatanganan pakta integritas berisi tentang komitmen pengawas TPS untuk bertindak sesuai dengan aturan yang ada.

Selain itu, para pengawas TPS juga harus menaati etika penyelenggara pemilu.

“Para pengawas TPS diharapkan sudah bisa memahami dan mengerti mengenai tugas, wewenang dan kewajibannya. Hal ini sesuai dengan amanat undang-undang pemilu. Apalagi, pengawas TPS merupakan garda terdepan atau ujung tombak dalam pengawasan di TPS,” kata Rofi.

Lebih lanjut Rofi berharap, para pengawas TPS yang terpilih dan dilantik segera menyesuaikan diri untuk mengawasi pemilu.

Para pengawas TPS harus belajar untuk meng-update regulasi kepemiluan, terutama dalam konteks pemungutan dan penghitungan suara yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024. (Bud)