Ini Arahan Kapolda Dalam Wujudkan Pemilu 2024 Aman dan Damai

Kapolda Irjen Pol Ahmad Luthfi
Kapolda Irjen Pol Ahmad Luthfi memberi penjelasan terkait peran aktif polwan dalam pengamanan Pemilu 2024.

Semarang, Idola 92,6 FM-Polda Jawa Tengah memberikan pembekalan terhadap enam pilar, guna mewujudkan Pemilu 2024 yang aman dan damai.

Kegiatan tersebut diikuti seluruh Babinsa, Bhabinkamtibmas, lurah dan camat, baik hadir secara langsung maupun melalui streaming.

Kapolda Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan enam pilar harus memahami tugas pokoknya selama pemilu, sehingga bisa menjadi cooling system guna terciptanya pemilu yang aman dan damai. Hal itu dikatakan usai pembekalan enam pilar di aula MAJT, kemarin.

Kapolda menjelaskan, berkumpulnya enam pilar tersebut sebagai bentuk konsolidasi untuk wujudkan pemilu damai di Jateng.

Tujuannya, untuk mencegah munculnya kerawanan yang dapat memengaruhi jalannya Pemilu 2024.

“Kegiatan ini akan kita pupuk dan kita pelihara, sehingga pada saat running tahapan pemilu di wilayah Jawa Tengah sudah siap. Ini juga sebagai sarana cooling system, karena durasi pemilu akan panjang minimal Jawa Tengah sudah menyiapkan satgas cooling system dalam hal menyingkirkan masalah-masalah di wilayah kita,” kata kapolda.

Lebih lanjut kapolda juga menyiapkan satgas siber di bawah Direktorat Kriminal Umum terkait dengan dunia Maya.

Hal itu dilakukan untuk antisipasi kegiatan masyarakat, yang berusaha merusak iklim kondusif selama pemilu lewat dunia maya.

“Semua isu akan kita waspadai saja. Termasuk yang menciptakan polarisasi, politik identitas hingga black campaign dan hate speech,” tegas kapolda. (Bud)