Manfaat Puasa Bagi Kesehatan dan Pertumbuhan Karakter Anak

Father and Son
Ilustrasi/Istimewa

Semarang, Idola 92.6 FM – Ibadah puasa Ramadan diwajibkan bagi kaum muslimin yang memenuhi syarat. Salah satunya, sudah balig atau menuju dewasa. Namun, bagaimana puasa bagi anak-anak?

Ternyata, puasa memiliki segudang manfaat pula bagi anak-anak. Mulai dari manfaat bagi kesehatan hingga membentuk karakter si anak.

Hal itu disampaikan Aziz, perawat di salah satu rumah sakit di Kota Salatiga, Jawa Tengah. Menurut Aziz, manfaat puasa tidak hanya baik untuk kesehatan anak, tapi juga membentuk karakter anak di dalam pertumbuhan dan perkembangannya.

Selain itu, menurut Aziz, puasa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak. Merujuk sebuah riset, puasa selama beberapa waktu dapat merangsang aktivitas sel darah putih dan membentuk daya tahan tubuh lebih kuat. Kemudian, puasa dapat mencegah obesitas pada anak karena puasa mengatur pola makan.

Aziz menambahkan, untuk mengajarkan ibadah puasa bagi anak-anak berbeda dengan kalangan dewasa. Perlu metode khusus. Di antaranya, dengan mengajak anak-anak ikut sahur bersama, puasa setengah hari, dan puasa dari dari jajanan-jajanan yang ia sukai.

Lalu, apa saja manfaat puasa bagi anak? Selengkapnya, berikut ini nasihat perawat yang dipersembahkan oleh DPW PPNI Jawa Tengah. Nasihat disampaikan oleh Aziz, perawat di salah satu rumah sakit di Salatiga. (ast/her)

Simak tipsnya berikut ini: