Mengenal Kampung Seni Tegal

Kampung Seni Tegal pentas
Kampung Seni Tegal pentas fo Bisa Fest Kemenparekraf, 28 Mei 2023. (dok Seful)

Tegal, Idola 92.6 FM – Sebagai ikhtiar untuk menjaga gawang seni dan budaya, sekelompok seniman di Kabupaten Tegal menggagas Kampung Seni Tegal. Berdiri sejak tahun 2009, mereka bergerak di ranah seni teater, seni rupa, seni musik, sastra, dan diskusi budaya.

Salah satu kegiatan yang dihelat Kampung Seni Tegal adalah pementasan Sampak Tegalan. Sampak Tegalan adalah pertunjukan drama berbahasa Tegal yang mengkolaborasikan dengan tembang Tegalan serta mengangkat tema sosial keseharian masyarakat Tegal.

Diskusi Sejarah
Diskusi Sejarah, Revolusi di Tegal, 11 November 2022. (dok Seful)

“Kita targetkan dalam satu tahun sekali Sampak Tegalan,”tutur Seful Mu’min ketua Kampung Seni Tegal kepada radio Idola, pagi (27/07) tadi. Menurutnya, saat ini anggota yang aktif ikut berkesenian ada dari mahasiwa, sastrawan, seniman, dan semua membaur.

Seful Mu’min
Seful Mu’min, ketua Kampung Seni Tegal. (dok Seful)

Atas kreativitas dan dedikasinya, baru-baru ini, Kampung Seni Tegal mendapat penghargaan dari Badan Pengembangan dan Perlindungan Bahasa (Badan Bahasa) Kemendikbudristek RI dan berhak mendapatkan bantuan pemerintah kategori bantuan fasilitasi kesastraan.

Selengkapnya, mengenal Kampung Seni Tegal sekaligus apa itu Sampak Tegalan, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Seful Mu’min, ketua Kampung Seni Tegal. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: