Pertamina Pastikan Avtur Aman Untuk Layani Keberangkatan Haji

Mengisi BBM Avtur ke pesawat
Armada mobil tangki sedang mengisi BBM Avtur ke pesawat di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Semarang, Idola 92,6 FM – Pertamina Patra Niaga mencatat, konsumsi Avtur di Bandara Adi Soemarmo mengalami kenaikan sebesar 176 persen di masa keberangkatan ibadah haji ke Tanah Haji.

Area Manager Communication, Relation & CSR Regional Jawa Bagian Tengah Pertamina Patra Niaga Brasto Galih Nugroho mengatakan konsumsi Avtur di Bandara Adi Soemarmo mengalami kenaikan sebesar 176 persen di masa keberangkatan ibadah haji 2023. Hal itu dikatakan melalui siaran pers secara daring, Jumat (23/6).

Brasto menjelaskan, untuk di wilayah Jawa Bagian Tengah maka bandara embarkasi haji dilakukan di Bandara Adi Soemarmo di Kabupaten Boyolali.

Embarkasi Adi Soemarno terdiri dari 99 kelompok terbang (kloter) dan dibagi menjadi dua fase.

Menurut Brasto, tahapan keberangkatan dimulai dari 23 Mei 2023 hingga 22 Juni 2023.

Kemudian tahap kepulangan mulai 3 Juli hingga 3 Agustus 2023.

“Untuk fase keberangkatan, realisasi konsumsi avtur mencapai 1.477 KL per 22 Juni 2023 atau telah menyerap alokasi 20 persen dari total Avtur yang kita siapkan pada periode haji ini. Alhamdulillah untuk fase keberangkatan telah selesai dan penyaluran Avtur kami laksanakan dengan lancar,” kata Brasto.

Lebih lanjut Brasto menjelaskan, untuk konsumsi harian di periode keberangkatan hajj flight atau penerbangan haji penambahan realisasi konsumsi Avtur harian di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Adi Soemarmo naik dari 25 Kilo Liter (KL) per hari menjadi 69 KL per hari.

Pertamina telah menyiapkan pasokan Avtur untuk penerbangan haji di tahun ini, baik keberangkatan maupun kepulangan hingga 7.414 KL untuk 99 kloter embarkasi Solo.

“Jumlah tersebut melonjak hingga 136 persen dari konsumsi avtur 3.145 KL pada saat penerbangan haji tahun 2022. Ini karena menyesuaikan dengan penambahan jumlah kloter dari 43 kloter di tahun 2022 menjadi 99 kloter di tahun ini,” jelasnya.

Nantinya, pada tahapan kepulangan yang dimulai pada 3 Juli sampai dengan 3 Agustus 2023 estimasi kebutuhan avtur mencapai 5.937 KL atau 80 persen dari total alokasi avtur untuk periode haji 2023.

“Stok Avtur yang tersedia di DPPU Adi Soemarmo dipastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan musim haji 2023. Stok Avtur saat ini di DPPU Adi Soemarmo mampu memenuhi kebutuhan hingga 14 hari ke depan,” pungkasnya. (Bud)