Polda Jateng Jaga 117 Ribu Lebih TPS Saat Pemilu 2024

Irjen Pol Ahmad Luthfi
Irjen Pol Ahmad Luthfi, Kapolda Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM-Polda Jawa Tengah dibantu Kodam IV/Diponegoro akan mengamankan seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS), di Pemilu 2024 mendatang.

Terpetakan, ada 292 TPS yang dianggap sangat rawan dan 760 TPS dipandang rawan.

Kapolda Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan jajaran kepolisian bersama TNI dan instansi terkait, akan berkerja sama menjaga pelaksanaan Pemilu 2024 dengan aman dan lancar. Pernyataan itu dikatakan saat kegiatan penanaman pohon di wilayah Kecamatan Banyumanik, belum lama ini.

Kapolda menjelaskan, jajarannya melaksanakan Operasi Mantap Brata 2023-2024 yang digelar hingga berakhirnya pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

“Dengan kualifikasi sangat rawan, rawan dan kurang rawan. Untuk kualifikasi ini sudah kita petakan dan sudah kita sebar (personel). Kami juga telah mengawali dengan kegiatan-kegiatan kepolisian yang ditingkatkan, kita juga gelar latihan pengamanan VVIP dan latihan sispamkota,” kata kapolda.

Lebih lanjut kapolda menjelaskan, Polda Jateng telah menyebar 22 ribu lebih personel untuk menjaga 117 ribu TPS di provinsi ini.

Polda Jateng juga menyiagakan personel, yang bertugas untuk melakukan patroli rutin di sejumlah wilayah guna mengantisipasi adanya gangguan kamtibmas saat pemilu.

“Kita sudah petakan potensi kerawanan yang ada di setiap daerah, dan dipandang bisa mengganggu pelaksanaan pemilu,” tegasnya. (Bud)