Polda Jateng Siap Amankan Pemilu 2024

Irjen Pol Ahmad Luthfi
Irjen Pol Ahmad Luthfi, Kapolda Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM – Polda Jawa Tengah siap mengamankan pelaksanaan Pemilu 2024, agar bisa berjalan aman dan tertib serta lancar.

Pelaksanaan pengamanan Pemilu 2024 tidak hanya menjadi tugas Polri maupun TNI saja, tapi juga melibatkan seluruh elemen masyarakat lainnya.

Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi mengatakan jajarannya siap mengamankan pelaksanaan Pemilu 2024, terutama di wilayah hukum Polda Jateng.

TNI dan Polri siap untuk memberikan rasa aman kepada seluruh masyarakat, selama penyelenggaraan pemilu yang dilaksanakan di Jateng. Pernyataan itu dikatakan di Hotel Patra, kemarin.

Kapolda menjelaskan, untuk memberikan rasa aman selama pelaksanaan Pemilu 2024 nanti pihaknya akan menyiapkan Tim Virtual Police.

Tujuannya, untuk menangkal konten hoax dan negatif menjelang dan selama atau setelah Pemilu 2024.

Menurutnya, Tim Virtual Police berada di bawah kendali Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jateng.

“Tim Virtual Police akan mengedepankan langkah persuasif dan edukatif, dengan memberikan peringatan terlebih dahulu pada pengguna media sosial yang kedapatan membuat konten merugikan terkait pemilu. Namun jika ditemukan hoax yang memiliki implikasi merugikan masyarakat maupun merusak kesatuan dan persatuan akan ditindak secara tegas melalui penegakan hukum,” kata japolda.

Lebih lanjut kapolda menjelaskan, secara umum wilayah Jateng tidak termasuk sebagai wilayah rawan pemilu cukup tinggi. Hal ini berdasarkan indeks kerawanan yang dirilis Baintelkam Polri dan Bawaslu RI.

“Tetapi semua harus siap siaga. Terutama mengenai penyebaran berita bohong di masyarakat melalui medsos,” pungkasnya. (Bud)