Tips Menu Sehat saat Buka Puasa dengan Gizi Seimbang

Menu Buka Puasa
Ilustrasi/Istimewa

Semarang, Idola 92.6 FM – Selama bulan Ramadhan, makanan yang dikonsumsi harus tetap memperhatikan prinsip gizi yang seimbang. Hal itu agar tetap terpenuhi kebutuhan zat gizi makro dan mikro. Yaitu, karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Hal itu disampaikan Mufid, Wakil Ketua Bidang Hukum Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jawa Tengah.

Mufid memberi contoh menu sehat saat buka puasa. Saat berbuka, kita tidak dianjurkan mengonsumsi makanan dalam jumlah besar. Makanan pembuka 10 persen adalah buah kurma serta minuman manis atau air mineral.

Setelah menunaikan ibadah sholat magrib, dapat dilanjutkan mengonsumsi menu makanan utama sebanyak 35 persen. Terdiri dari: nasi putih (200 gram), tahu pepes (100 gram), ayam goreng (50 gram), sayur sop (100 gram), buah papaya (150 gram), dan air mineral secukupnya.

Setelah sholat tarawih, Anda dapat mengonsumsi makanan penutup sebesar 15 persen. Berupa, bubur kacang hijau (200) buah melon (100 gram), dan air mineral secukupnya. Untuk sisa kebutuhan makanan sebesar 40 persen merupakan kebutuhan makanan di saat Anda makan sahur dengan memperhatikan aspek gizi seimbang.

Selengkapnya, berikut ini tips “Puasa Sehat dengan Nasihat Perawat” yang dipersembahkan oleh PPNI Jawa Tengah. Kali ini, nasihat disampaikan oleh Mufid, Wakil Ketua Bidang Hukum Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jawa Tengah. (ast/her)

Berikut tipsnya: