Tips Sehat bagi Perempuan Hamil Saat Berpuasa

Puasanya Ibu Hamil
Ilustrasi/Istimewa

Semarang, Idola 92.6 FM – Beberapa kajian ilmiah membuktikan, puasa bagi perempuan hamil di bulan Ramadhan tidak menyebabkan malnutrisi. Dengan catatan, kebutuhan gizi tercukupi.

Hal itu disampaikan Sri Rejeki, Bidang Riset dan Kominfo DPW Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jawa Tengah.

Lalu, apa saja itu gizi yang diperlukan bagi ibu hamil saat berpuasa? Menurut Sri Rejeki, beberapa gizi itu antara lain: kecukupan zat besi, vitamin C, asam folat, kalsium, dan kecukupan air.

Kemudian, bagi ibu hamil disarankan, hindari konsumsi lemak, gula, garam yang berlebihan. Sebaliknya, asupan makanan perlu ditambah dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar. Selain itu, penunjang yang tak kalah penting, tetap berolahraga sesuai dengan olahraga ibu yang sedang hamil.

Tips sederhana makan sahur dan buka puasa bari perempuan hamil:

  1. Saat sahur, hindari zat makanan yang mengandung karbohidrat seperti permen dan coklat. Karena hal itu akan merangsang produksi insulin yang membakar guka darah. Jika kadar gula darah turun, maka menyebabkan pusing, lemah, dan perut terasa perih.
  2. Saat berbuka, pilihlah masakan yang tidak memberatkan kerja sistem pencernaan. Di antaranya kurma, buah segar manis, kolak manis, dan bubur kacang hijau.
  3. Apabila ibu hamil saat berpuasa merasa ada gangguan, maka hentikan puasa dan segera periksa pada ahlinya.

Selengkapnya, berikut ini tips “Puasa Sehat dengan Nasihat Perawat” yang dipersembahkan oleh PPNI Jawa Tengah. Kali ini, nasihat disampaikan oleh Sri Rejeki, Bidang Riset dan Kominfo DPW Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jawa Tengah. (ast/her)

Simak tipsnya: