10 CCTV Dipasang Jadi Tambahan Monitor Arus Lalu Lintas Lebaran

Erry Derima Ryanto
Erry Derima Ryanto, Pelaksana Harian Kepala Dishub Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM-Dinas Perhubungan Jawa Tengah telah memasang sejumlah fasilitas perlengkapan jalan, yang nantinya untuk mendukung kegiatan operasi lalu lintas selama masa arus mudik dan balik Lebaran.

Terdiri dari rambu-rambu lalu lintas sebanyak 14.416 unit, yang terpasang di sejumlah ruas jalan milik provinsi.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Perhubungan Jateng Erry Derima Ryanto mengatakan ada juga pemasangan rambu pendahulu penunjuk jurusan sebanyak 1.284 unit, yang sudah terpasang di ruas jalan provinsi. Hal itu dikatakan saat ditemui di kantornya, kemarin.

Erry menjelaskan, khusus untuk jalur yang dianggap rawan terjadi kecelakaan juga dipasang rambu berupa lampu kuning sebanyak 467 buah.

Ditambah juga lampu penerangan jalan umum (PJU), sebanyak 14.697 titik serta cermin cembung sebanyak 276 buah

Menurut Erry, pihaknya juga menyiapkan posko patroli mobile guna melakukan monitoring lalu lintas yang ada di seluruh wilayah provinsi.

Termasuk, turun tangan jika ditemukan ada kejadian kemacetan maupun kecelakaan lalu lintas.

“Kami juga sudah memasang tambahan 10 CCTV. Sebanyak 10 CCTV yang dipasang ini untuk membantu memantau kondisi lalu lintas di posko terpadu. CCTV yang kita pasang itu ada di Simpang Bawen, Pasar Bandungan, ada juga di exit tol fungsional Solo-Yogya di Ceper dan di Pasar Gombong di Kebumen. Kita juga pasang di Dieng, Simpang Wangon dan Buntu,” kata Erry.

Lebih lanjut Erry menjelaskan, pihaknya menyiapkan posko terpadu yang bekerja mulai 3-13 April 2024.

Posko terpadu yang digelar Dinas Perhubungan Jateng itu terdiri dari sembilan bidang, terkait dengan dukungan pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran.

“Kita juga siapkan posko di enam balai wilayah yang ada di Jawa Tengah. Ada di Semarang, Pati, Solo, Magelang dan Banyumas serta Pekalongan. Selain itu ada 22 posko yang tersebar di 22 terminal tipe B,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaSasar Segmen Premium, Artugo Luncurkan Kompor Dengan Material Tempered Glass
Artikel selanjutnyaMenhub: Aktivitas Balon Udara Liar Harus Ditertibkan