Dukung Tol Laut, TPKS Garap Terminal Multipurpose

Semarang, Idola 92.6 FM – Untuk peningkatan pelayanan di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang sebagai bagian mendukung program tol laut yang dicanangkan Presiden Joko Widodo, Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) akan membangun terminal multipurpose.

“Terminal multipurpose yang dibangun itu memiliki dua fungsi yang bisa digunakan untuk bongkar muat sekaligus mengangkut penumpang. Rencananya akan mulai dibangun pada 2017,” tandas General Manager TPKS Erry Akbar Panggabean di Semarang, Senin (26/9).

Erry Akbar menambahkan, pihaknya berusaha memastikan pengoperasian automatic rubber tyre gantry (ARTG).

Saat ini, kata Erry, pihaknya sudah melakukan peninggian di lapangan penumpukan satu dan lima agar sejajar dengan ketinggian 1,5 meter.

Kemudian, perpanjangan dermaga ke arah pelabuhan samudera sepanjang 300 meter juga sedang proses pengerjaan.

“Peningkatan di sekitar areal pelabuhan itu dilakukan agar mampu mendukung kinerja TPKS dalam program tol laut dari Presiden Joko Widodo,” ujar Erry.

Dia mengugkapkan, hingga 2021 mendatang sudah dibuat Rencana Induk Pelabuhan dengan menambah luasan TPKS seluas lima hektare.

Selain itu, lanjutnya, dalam jangka waktu lima tahun, TPKS akan menambah gate baru menjadi delapan gate dari sebelumnya baru ada empat.

TPKS juga bekerja sama PT Pelindo III Cabang Tanjung Emas, akan mendirikan kantor baru dan merobohkan kantor lama untuk dijadikan lapangan penumpukan. (Budi A/Diaz A/Heri CS)

Artikel sebelumnyaOJK Buka Lomba Fotografi UMKM Berhadiah Ratusan Juta
Artikel selanjutnyaBulan Depan Kereta Blora Jaya Dan Cepu Ekspres Dihilangkan