Ratusan Kios Pasar Waru Ludes Dilalap Sijago Merah

Semarang, Idola 92.6 FM – Pasar Waru, Sawah Besar, Semarang, Jumat (18/11) malam terbakar. Api yang terus membesar hampir melalap seluruh kios yang ada di pasar tersebut. Belum diketahui penyebab kebakaran tersebut, namun dari pantauan di lapangan, ratusan kios Pasar Waru terbakar hebat hingga ludes.

Dari informasi warga setempat, kebakaran diperkirakan terjadi sekitar pukul 19.30 WIB. “Api langsung membesar, sekitar pukul 19.30 tadi,” kata warga yang berusaha ikut memadamkan api itu.

Lima mobil pemadam kebakaran telah dikerahkan di lokasi untuk memadamkan api. Sementara, para pedagang berusaha menyelamatkan barang dagangannya. Dan pukul 21.45 WIB api baru bisa di padamkan.

Kepala Dinas Pasar Kota Semarang, Triyoto Sarjoko mengatakan, ada empat los Pasar Waru, Sawah Besar, Semarang yang ludes terbakar, Jumat (18/11) malam. Dari empat los itu terdapat 511 petak yang digunakan untuk berjualan sembako, sayur mayur dan kebutuhan dapur lainnya.

“Yang terbakar hangus ada empat dari lima los, satu los sisa itu baru dibangun, hanya terkena sedikit,” katanya di lokasi kejadian.

Triyoto menambahkan, ada 350 pedagang yang menjadi korban akibat peristiwa kebakaran ini. Karena, beberapa pedagang memiliki beberapa petak di empat los tersebut. “Dari 511 petak kios itu dimiliki 350 pedagang, ada beberapa pedagang yang memiliki kios lebih dari satu,” imbuhnya.

Untuk nasib para pedagang, lanjutnya, besok pihaknya akan melakukan inventarisir terlebih dahulu. Kemudian akan dicarikan tempat sementara untuk para pedagang berjualan.

“Diusahakan dicarikan tempat terdekat dahulu, tapi kalau memang tidak ada baru cari di tempat lainnya, besok diinventarisir,” ucap Triyoto. (Alif R)

Artikel sebelumnyaAwasi Pungli, Ombudsman Jateng Bentuk Tim Reaksi
Artikel selanjutnyaKIK Diprioritaskan Serap Tenaga Kerja Dari Kendal