Terdampak Siklon Tropis Cempaka, 18 Kecamatan Di Wonogiri Terendam Banjir

Semarang, Idola 92.6 FM – Terdampak siklon tropis Cempaka, sedikitnya 18 kecamatan di Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah terendam banjir. Selain itu, banjir juga terjadi di sebagian wilayah Solo Raya.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah Sarwa Pramana mengatakan, di Kabupaten Wonogiri, setidaknya ada 18 kecamatan yang terendam banjir. Ketinggian air bervariasi.

Menurutnya, personel dari BPBD kabupaten dan provinsi langsung bertindak cepat ketika bencana banjir melanda. “Warga yang rumahnya terdampak, langsung dievakuasi ke daerah aman. Setidaknya, ada kurang lebih 500-an warga yang terpaksa diungsikan karena rumahnya terendam banjir,” kata Sarwa, Rabu (29/11/2017).

Sarwa menjelaskan, untuk penanganan kepada para korban, BPBD provinsi dan kabupaten sudah mendirikan delapan dapur umum. Logistik berupa beras dan bahan makanan serta selimut, juga sudah dikirimkan ke warga Wonogiri, Surakarta dan juga Sukoharjo yang wilayahnya ikut terendam banjir.

“Tadi pagi sudah dirapatkan dengan dipimpin bapak bupati, dan mau dikeluarkan status darurat sama pemulihan cepat. Saat ini juga dilakukan pembersihan,” kata Sarwa ketika dihubungi melalui telepon, Rabu (29/11).

Sementara itu, Kabupaten Klaten juga dilaporkan terdampak badai siklon tropis Cempak, Rabu (29/11). Setidaknya ada enam kecamatan terendam banjir dan ratusan hektare areal persawahan terendam akibat luapan anak Sungai Dengkeng. Bupati Klaten Sri Mulyani, akan mencairkan anggaran sebesar Rp500 juta untuk penanganan banjir. (bud/her)

Artikel sebelumnya19 Orang Meninggal Akibat Siklon Tropis Cempaka
Artikel selanjutnyaPolda Jateng Bekuk Enam Perampok Toko Emas