Mungkin kamu pernah melakukan survei secara random ke beberapa teman, baik secara online maupun offline, 70% dari mereka biasanya memilih Jogjakarta sebagai kota paling romantis. Ada berbagai alasan kenapa daerah istimewa tersebut digelari ‘Kota Romantis’. Faktor utama adalah banyaknya tempat wisata cantik di Jogja, kesederhanaan, keramahan dan ritme kehidupan yang khas. Belum lagi godaan kuliner yang beraneka ragam, serta keindahan seni dan budaya yang mempesona. Mana saja tempat cocok untuk menghabiskan waktu bersama pasangan di Jogja? Coba cek tulisan ini!

Taman Pelangi

Siapkan sekitar tiga hari waktu kamu untuk menjelajahi Jogjakarta bersama pasanganmu. Untuk hari pertama kami merekomendasikan ke tempat yang mudah terjangkau dan tidak terlalu menghabiskan energi, Taman Pelangi namanya. Usahakan datang setelah matahari terbenam. Terletak di Jalan Padjajaran, di sini kamu bisa menyaksikan paduan indahnya lampu-lampu lampion warna-warni. Suasana romantis dilengkapi dengan hiburan live music di sudut yang telah disediakan. Sambil menikmati momen ini, kamu bisa memesan camilan ringan yang ada di sana dengan harga yang sangat terjangkau untuk ukuran kota-kota besar di Pulau Jawa.

Kebun Buah Mangunan

Ketika energimu sudah terkumpul, dan moodmu sedang baik, berangkatlah ke Kebuh Buah Mangunan. Letaknya di daerah Imogiri, Bantul. Istimewanya, tempat ini berada di dataran tinggi sehingga kamu bisa merasa lebih tinggi dari awan. Keren bukan?

Terletak di atas tebing, persiapkan jaket atau setidaknya pakaian tebal meskipun kamu dan pasangan sedang diselimuti oleh kehangatan cinta. Dari atas, kamu bisa menyaksikan aliran sungai yang lebar. Coba bawa siapkan bunga, coklat atau apapun yang disukainya. Beri kejutan di sela-sela menikmati pemandangan berdua, dijamin akan jadi salah satu kenangan termanis yang pernah kalian punya.

Hutan Pinus Imogiri

Usai mendapat kesan yang baik di Kebuh Buah Mangunan, arahkan perjalananmu sedikit ke bawah, mengarah ke Hutan Pinus Imogiri. Lokasinya tak terlalu jauh dari Kebuh Buah Mangunan. Kamu bisa bertanya pada penduduk setempat untuk mencapai tempat ini.

Penting untuk kamu catat, jangan lupa bawa kamera! Tempat ini sangat cantik dan Instagramable. Bahkan tak jarang pasangan memilihnya sebagai tempat untuk prewedding. Selain dipenuhi pohon-pohon pinus, di sini juga terdapat rumah-rumah pohon yang dibuka untuk umum. Dari rumah pohon ini kamu bisa menyaksikan pemandangan indah dan semilir angin.

Taman Sari Keraton Yogyakarta

Banyak yang bilang bahwa hal-hal yang klasik biasanya mengandung muatan romantis tersendiri. Jika kamu setuju dengan pendapat itu, kamu bisa langsung mengunjungi Taman Sari. Taman Sari merupakan properti bersejarah sekaligus ikon Kota Jogjakarta. Tempat ini sangat klasik dan menyimpan sejuta pesona budaya. Selah satu yang terbaik dari tempat wisata di Jogja.

Menurut berabagai sumber, Taman Sari dibangun pada 1758-1765 oleh Sultan Hamengku Buwono I (HB I). Taman Sari menawarkan seni bangunan yang sangat artistik dan eksotis. Salah satu spot favorit wisatawan adalah kolam-kolam indah dengan latar belakang bangunan klasik. Benar-benar sebuah karya seni romantis yang menakjubkan.

Sebenarnya masih banyak lagi tempat-tempat wisata di Jogja yang romantis. Mulai dari Benteng Vredeburg, Pantai Goa Cemara, Kalibiru hingga Malioboro. Makanya tak heran bila musisi-musisi Indonesia menciptakan lagu secara khusus untuk kota yang satu ini. Jika kamu punya waktu berlebih, kami merekomendasikan untuk memulai kunjungan dari tempat tersebut. Terlebih Yogyakarta dikenal sebagai kota yang bersahabat dengan kantong wisatawan.