Dinakerstrans Jateng Gandeng Perusahaan Siapkan Tenaga Kerja Sambut Era Revolusi Industri 4.0

Semarang, Idola 92.6 FM – Menyambut era industri 4.0 yang sudah di depan mata, para pekerja di Jawa Tengah harus bisa memersiapkan diri. Terutama, di bidang penguasaan bahasa asing dan teknologi modern.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jateng Wika Bintang mengatakan pada era tersebut, akan lebih menonjolkan kecanggihan teknologi dan penguasaan alat canggih. Sehingga, tenaga kerja dalam negeri harus bisa menyesuaikan diri.

Wika menjelaskan, salah satu upaya untuk memersiapkan tenaga kerja yang terampil di era industri 4.0 adalah dengan melibatkan perusahaan multi nasional dalam membantu memberikan pelatihan kerja atau keterampilan. Salah satu perusahaan yang diajak dan ditawari untuk ikut membenahi tenaga kerja Jateng adalah PT Kievit Indonesia, perusahaan di yang berlokasi di Kota Salatiga itu.

Dengan ikut membantu menyiapkan SDM siap kerja di Jateng, jelas Wika, maka industri sekelas internasional yang membutuhkan tenaga kerja siap pakai diprovinsi ini tidak akan kesulitan.

“Di dalam era industri 4.0 saat ini, banyak hal mungkin yang ke depan kita bisa ambil contoh di perusahaan ini, PT Kievit Indonesia. Banyak hal, khususnya untuk memersiapkan SDM Jawa Tengah ke depan seperti apa. Perusahaan ini sendiri juga siap untuk memberikan wawasan kepada anak-anak SMK dan SMA serta masyarakat Jawa Tengah, tentang bagaimana bekerja di industri,” kata Wika, Selasa (31/7).

Lebih lanjut Wika menjelaskan, perkembangan industri yang berubah, maka karakter pekerjaan dan tuntutan keterampilan kerja juga berubah. Apabila tidak mampu mengikuti perkembangan, bukan tidak mungkin tenaga kerja produktif di Jateng akan menjadi pengangguran. (Bud)

Artikel sebelumnyaBrand Orbit sebagai Strategi Menarik Pelanggan
Artikel selanjutnyaBagaimana Mewujudkan Sekolah Sebagai Mikrokosmos Kebinekaan?

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini