Setyo Wasisto: Spekulan Akan Kita Tindak Kalau Mainkan Harga

Semarang, Idola 92.6 FM – Dampak dari melemahnya Rupiah masih terus meluas, dan menyebabkan beberapa komoditas mengalamk kenaikan harga.

Kepala Satgas Pangan Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan dampak tersebut menyebabkan beberapa produk impor mengalami kenaikan harga, padahal banyak dibutuhkan masyarakat. Akibatnya, terjadi fluktuasi harga cukup tajam.

Namun, jelas Setyo, khusus untuk produk impor yang mengalami kenaikan harga dianggap wajar, karena memang kondisinya demikian. Hanya saja, kondisi tersebut jangan dimanfaatkan para spekulan dengan mengeruk keuntungan dan membebani masyarakat.

Menurutnya, untuk menekan aksi spekulan itu, Mabes Polri sudah memerintahkan kepala satuan wilayah, agar memantau pergerakan harga komoditas di wilayahnya masing-masing. Tujuannya, jika ada upaya spekulan dan diketahui petugas, bisa langsung diambil tindakan tegas.

“Mereka saya minta untuk terus aktif melakukan pemantauan. Jadi, saya pikir kalau ada yang coba-coba spekulan dengan menimbun atau menaikkn harga luar biasa pasti ketahuan dan kita tindak tegas. Intinya adalah, Satgas Pangan ingin produsen mendapat keuntungan, rantai distribusi berjalan lancar dan masyarakat juga mampu membeli dengan daya beli yang cukup,” kata Setyo, kemarin.

Setyo yang juga Kadiv Humas Polri menjelaskan, masyarakat juga diimbau tidak banyak tergantung pada produk atau komoditas impor. Terutama bahan pangan.

“Masyarakat bisa menggunakan komoditas pangan dalam negeri, misalnya membeli buah-buahan lokal. Selain itu, mulai dengan membeli produk dalam negeri yang kualitasnya tidak kalah dengan impor,” tandasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaBagaimana Memberdayakan Perekonomian Perdesaan untuk Mengatasi Ketimpangan?
Artikel selanjutnyaDinkes Jateng Ingin Semua Sektor Terlibat Untuk Sukseskan Program Imunisasi

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini