Sudirman Akan Minta DKI Jakarta Sebagai Pembeli Setia Produk Pangan Jateng

Tegal, Idola 92.6 FM – Calon Gubernur (Cagub) Sudirman Said mengatakan provinsi ini banyak memberikan kontribusi pangan bagi nasional, mulai dari beras, daging sapi sampai sayur mayur.

Namun, banyak petani mengeluh kesulitan mendapatkan pasar untuk menjual hasil panennya.

Menurut Sudirman, petani di provinsi terkadang harus berhadapan dengan para tengkulak atau spekulan karena tidak bisa menemukan pasarnya. Akibatnya, harga komoditas di pasar sampai ke tangan konsumen menjadi mahal.

Oleh karena itu, jelas mantan menteri ESDM tersebut, dirinya akan mencoba membukakan pasar bagi para petani di Jateng. Salah satunya, dengan menjalin kerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta dalam hal pemenuhan kebutuhan masyarakat ibu kota.

Apabila kedua daerah bisa bersinergi, lanjut Sudirman, kesulitan petani Jateng mencari pasar sudah bisa teratasi.

“Saya membayangkan kalau Jawa Tengah sebagai produsen pangan sayu mayur dan bekerjasama dengan DKI Jakarta, maka akan sangat baik. Jakarta kan butuh pangan. Saya ingin menggandengkan dua BUMD milik DKI dan Jateng untuk mengelola pasar. Kalau pasokan dan pasarnya ada, maka harga akan stabil,” kata Sudirman di Tegal.

Selain membukakan pasar bagi petani di Jateng, jelas Sudirman, nantinya rantai distribusi yang dianggap terlalu panjang akan dipotong dan diperpendek. (Bud)