Bagaimana Memanfaatkan Momen Lebaran dalam Mendongkrak Kunjungan Pariwisata?

Pantai Bandengan Jepara.

Semarang, Idola 92.6 FM – Salah satu hal yang paling menonjol selama pekan Libur Lebaran 2019 adalah aktivitas wisata. Tempat-tempat wisata di berbagai daerah di Jawa Tengah penuh sesak oleh pengunjung. Sebagian besar pemudik memanfaatkan waktu liburan dengan berwisata dan kuliner. Destinasi yang masih baru pun tidak luput dari serbuan pengunjung. Kegairahan wisata lebaran itu sesungguhnya merupakan momen bagi pemerintah dan pemangku kepentingan dalam sektor industri pariwisata di Jawa Tengah untuk memacu pertumbuhan industry wisata khususnya wisata kreatif.

Diketahui, di Jawa Tengah ada ratusan destinasi wisata di 35 kabupaten/ kota. Provinsi Jawa Tengah pada awal tahun ini sudah menargetkan kunjungan 1,2 juta wisatawan mancanegara. Target itu sesungguhnya bisa jauh terlampaui apabila seluruh daya upaya dikerahkan all out untuk meningkatkan daya jual destinasi wisata. Konsep kreatif dengan menelurkan wisata kreatif, menjadi salah satu strategi unggulan yang dapat diterapkan.

Pantai Bandengan Jepara saat Lebaran hari ke-3. (Photo: Istimewa)

Lantas, apa yang sudah dan belum optimal dilakukan para pelaku industri wisata—khususnya wisata kreatif dalam pemanfaatan momen libur Lebaran? Bagi pemerintah ke depan, apa yang mesti dievaluasi dan dilakukan? Guna menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, Radio Idola Semarang mewawancara Pengamat Pariwisata/ Ketua Penggiat Pariwisata Jateng Benk Mintosih. (Heri CS)

Berikut wawancaranya:

Artikel sebelumnyaMengevaluasi Kelancaran Arus Mudik Lebaran 2019, Masalah Apa Lagi ke Depan yang Perlu Ditanggulangi?
Artikel selanjutnyaPerang Dagang AS dan China Masih Memanas, Bagaimana Mengatasi dan Menangkap Peluang dari Situasi ini bagi Ekonomi RI?

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini