Jateng Percepat Progres Vaksinasi

Sentra vaksinasi Pemprov Jateng
Warga mengikuti program vaksinasi di sentra vaksinasi Pemprov Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM – Pemprov Jawa Tengah terus menggenjot progres vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat, dengan menyediakan layanan sentra-sentra vaksinasi. Bahkan, kuota vaksin juga telah dimintakan penambahan dari pemerintah pusat.

Kepala Dinas Kesehatan Jateng Yulianto Prabowo mengatakan seluruh kabupaten/kota sudah diminta, untuk melakukan percepatan progres vaksinasi COVID-19. Pernyataan itu dikatakannya saat ditemui di kantor gubernuran, kemarin.

Menurut Yulianto, selain tenaga kesehatan dan pelayan publik yang disuntik vaksin juga ada kelompok lain menjadi prioritas sasaran. Yakni orang lanjut usia (lansia).

Yulianto menjelaskan, beberapa daerah di Jateng juga sudah mulai menyasar kelompok usia produktif 18 tahun ke atas mendapatkan suntikan vaksinasi. Tujuannya, agar masyarakat mendapatkan suntikan vaksin sebagai kekebalan tubuh.

“Sekitar 56 persen dari target tahap kedua. Paling tinggi di Solo dan Semarang, kota-kota sih biasanya capaiannya tinggi. Kalau yang rendah seperti Brebes, itu paling rendah. Jawa Tengah paling tinggi untuk seluruh provinsi di Indonesia capaian serbuan vaksinnya paling tinggi, ini patut dipertahankan,” kata Yulianto.

Terpisah, Gubernur Ganjar Pranowo menyatakan bahwa pihaknya juga telah berkomunikasi dengan Kementerian Kesehatan berkaitan percepatan vaksinasi di Jateng. Pemerintah pusat juga telah menyanggupi, untuk mengirimkan kuota vaksin lebih banyak.

Menurut Ganjar, setiap kabupaten/kota di Jateng juga ditargetkan bisa meningkatkan kapasitas vaksinasi sampai 300 persen.

“Vaksinasinya minta kita tambah, dan ternyata kabupaten/kota Alhamdulillah siap untuk menambah itu dengan cepat. Siap menyiapkan sistemnya, dan vaksinatornya. Maka kami sudah komunikasi dengan pusat, agar Jawa Tengah ditambah lagi vaksinnya bisa lebih cepat lagi memberikan imunitas kepada masyarakat,” ujar Ganjar.

Lebih lanjut Ganjar meminta kepada masyarakat yang telah mendapatkan suntikan vaksin, agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker dan menghindari kerumunan serta rajin mencuci tangan memakai sabun. (Bud)

Artikel sebelumnyaPemkab Blora Rekrut Mahasiswa Poltekkes Jadi Relawan
Artikel selanjutnyaPertamina Sediakan Pertashop Penyalur Dexlite ke Wilayah Perdesaan

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini