Jasa Raharja Catat Penurunan Angka Kecelakaan

Rivan Purwantono
Direktur Utama Jasa Raharja Rivan Purwantono saat memberikan keterangan kepada wartawan di GT Kalikangkung, kemarin.

Semarang, Idola 92,6 FM – Selama arus mudik sejak H-7 sampai H+3 Lebaran 2022, Jasa Raharja mencatat terjadi penurunan angka kecelakaan lalu lintas. Artinya, angka kecelakaan lalu lintas bisa dikendalikan lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya.

Direktur Utama Jasa Raharja Rivan Purwantono mengatakan pada Lebaran tahun ini, Program Mudik Aman Mudik Sehat bisa terselenggara dengan baik. Pernyataan itu dikatakan saat ikut memantau kesiapan Pos Pengamanan di GT Kalikangkung bersama Kakorlantas Irjen Pol Firman Santyabudi, Kamis (5/5).

Rivan menjelaskan, tercatat ada 2.673 kejadian kecelakaan dan pihaknya sudah menyerahkan santunan sebesar Rp55,4 miliar. Sedangkan jumlah korban yang mendapatkan santunan, sebanyak 476 orang korban meninggal dunia. Sementara, ada 3.767 orang masih dirawat di rumah sakit karena menderita luka-luka.

Menurutnya, angka kecelakaan yang terjadi selama menjelang Lebaran hingga H+3 Idul Fitri mengalami penurunan bila dibandingkan periode Lebaran 2019 lalu. Atau turun 66,6 persen korban meninggal dunia, dan korban luka-luka turun 48,8 persen.

“Kesadaran masyarakat sudah bagus, dan ini terbukti dengan tingkat kecelakaan dan tingkat korban meninggal mengalami penurunan. Untuk kecelakaan itu turun sekitar 20 persen, dan korban meninggal turun 47 persen. Ini tentu tidak diharapkan naik kembali, maka semua tolong dengan disiplin mengikuti informasi yang diberikan. Mengikuti arahan-arahan yang ada di setiap daerahnya, apakah ada one way atau contra flow ikuti saja. Ini adalah upaya untuk semua selamat sampai dengan tujuan masing-masing,” kata Rivan.

Lebih lanjut Rivan meminta kepada pemudik yang akan melakukan perjalanan balik, agar lebih memersiapkan segala keperluan sebaik mungkin. Tetap menjaga kesehatan dan keselamatan diri, keluarga dan lingkungan.

“Pemerintah melalui sinergi berbagai instansi yang terlibat langsung di pengamanan Lebaran ini, terus melakukan upaya-upaya strategis. Tujuannya, agar masyarakat yang kembali ke Jakarta dapat melakukan perjalanan secara aman dan sehat,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaKorlantas Persiapkan Skenario Kawal Arus Balik
Artikel selanjutnyaPertamina Pastikan Stok BBM Aman Saat Arus Balik

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini