Tim Gabungan Atasi Dampak Banjir Bandang di Pati

Personel BPBD
Personel BPBD dibantu TNI/Polri melakukan perbaikan tanggul yang jebol di Desa Bulumanis Kidul

Semarang, Idola 92,6 FM – Tim gabungan dari sejumlah instansi di bawah komando BPBD Jawa Tengah, melakukan percepatan penanganan dampak banjir bandang di Kabupaten Pati. Mulai dari pembersihan fasilitas umum dan sosial, hingga rumah-rumah warga dan juga perbaikan tanggul yang jebol.

Kabid Penanganan Darurat BPBD Jateng Dikki Rulli Perkasa mengatakan untuk percepatan penanganan dampak banjir bandang di Pati, pihaknya sudah memusatkan penanganan di dua desa terdampak. Yakni di Desa Bulumanis Kidul, dan Tunjungrejo di Kecamatan Margoyoso. Pernyataan itu dikatakan saat dihubungi lewat sambungan telepon, kemarin.

Dikki menjelaskan, tercatat ada 14 rumah rusak di Desa Tunjungrejo dan di Desa Bulumanis Kidul ada 17 rumah rusak. Sedangkan tanggul sungai yang jebol sepanjang kurang lebih 25 meter, berada di Desa Bulumanis Kidul.

Menurutnya, untuk pembersihan dampak banjir bandang di Pati dikerahkan 12 unit mobil tangki dari sejumlah kabupaten terdekat dibantu Damkar dan TNI/Polri.

“Pemerintah Kabupaten Pati melaksanakan aksi bersama, untuk penanganan segera dampak bencana ini dan tidak berulang. Pak sekda dan asisten dua, sedang membahas untuk penetapan status tanggap darurat. Untuk tanggul, itu teman-teman PU Pati bersama dengan BBWS Pemali-Juana dan Balai PSDA Seluna itu bahu membahu penanganan tanggul,” kata Dikki.

Dikki Rulli Perkasa, Kabid Penanganan Darurat BPBD Jateng:

Lebih lanjut Dikki menjelaskan, untuk warga yang mengungsi akibat dampak banjir bandang di Pati belum ada. Kebanyakan warga juga masih berada di rumah masing-masing, dan sebagian warga rumahnya rusak ditampung tetangga terdekat.

“Untuk bantuan kepada warga terdampak, masih bisa diatasi pemerintah setempat. Dinas-dinas terkait juga sudah didorong, untuk bisa memberikan bantuan kesehatan maupun bantuan sosial lainnya,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaImbangi Gaya Hidup Modern Dengan Pemeriksaan Farmakogenomik
Artikel selanjutnyaSiasati Kenaikan Harga Bangunan, Pengembang Buat Desain Modular
Wartawan senior Radio Idola Semarang.