Jumlah Pendonor Darah di Semarang Terbilang Tinggi, Ini Cara PMI Penuhi Kebutuhan Kantong Darah

Junanto Herdiawan
Kepala Deputi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng Junanto Herdiawan saat mengikuti kegiatan donor darah.

Semarang, Idola 92,6 FM-Kebutuhan kantong darah di Kota Semarang masih bisa terpenuhi, karena cukup banyaknya jumlah pendonor darah aktif di kota ATLAS ini.

Ketua PMI Kota Semarang Awal Prasetyo mengatakan pihaknya kerap mendapat undangan kegiatan donor darah masal, yang diadakan instansi pemerintah maupun swasta. Hal itu dikatakan saat ditemui di kegiatan donor darah yang dilakukan Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Semarang di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng, Rabu (8/11) siang.

Awal menjelaskan, banyaknya kegiatan donor darah masal itu membuat stok akan kantong darah terpenuhi.

Selain itu, jumlah pendonor darah aktif di Kota Semarang juga terbilang banyak.

“Jumlah pendonor di Kota Semarang termasuk yang tertinggi, sehingga dapat memenuhi kebutuhan darah di Kota Semarang bahkan sekitarnya,” kata Awal.

Lebih lanjut Awal memberikan apresiasi dan terima kasih kepada BMPD Semarang dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng yang telah menggelar kegiatan donor darah masal.

“Rencananya, kantong darah hasil dari kegiatan ini akan disalurkan ke rumah sakit di Kota Semarang, Salatiga da Kabupaten Kendal,” jelasnya.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng Rahmat Dwisaputra menambahkan, kegiatan donor darah itu dilakukan dalam rangka memeringati Hari Pahlawan.

Menurut Rahmat, kegiatan tersebut merupakan wujud nyata insan perbankan untuk membantu terhadap sesama.

“Bahwa setiap orang dapat menjadi pahlawan dengan berbagai cara, antara lain dengan mendonorkan darahnya yang kemudian akan memberi manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan,” ucap Rahmat.

Sementara itu, dalam kegiatan donor darah yang digelar BMPD dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng mampu terkumpul 300 kantong darah. (Bud)