Listrik di Lombok Kembali Menyala

Semarang, Idola 92.6 FM-Fasilitas listrik yang ada di Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan, sudah bisa menyala kembali usai gempa besar, Minggi (5/8) kemarin. Warga sudah bisa menikmati kembali listrik PLN, yang sebelumnya padam karena rusaknya jaringan dan infrastruktur listrik karena terdampak gempa.

Direktur Bisnis Regional Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara PLN Djoko R. Abumanan dalam rilis mengatakan aliran listrik yang menyuplai ketiga Gili, saat ini sudah menyala.

Menurutnya, PLN secara bertahap memerbaiki gardu-gardu listrik yang ada di wilayah Gili. Sehingga, gardu yang sudah beroperasi normal di Gili Trawangan sebanyak 11 dari 81 gardu.

“Kami fokus memerbaiki dan mengamankan infrastruktur kelistrikan di sana, agar aktivitas masyarakat bisa terbantu. Tadi siang, tim PLN berhasil menyalakan listrik di tiga Gili setelah tiga hari bekerja keras,” kata Djoko, Sabtu (11/8).

Lebih lanjut Djoko menjelaskan, para petugas dikerahkan untuk mengamankan dan memerbaiki jaringan. Mulai dari Jaringan Tegangan Menengah (JTM), Jaringan Tegangan Rendah (JTR), Sambungan Rumah (SR) hingga kWh meter pelanggan. Di samping itu, PLN juga mengirimkan dua buah trafo 100 kilo Volt Ampere (kVA) dan dua buah trafo 50 kVA untuk perbaikan di Gili Air dan dua buah trafo 250 kVA untuk di Gili Trawangan. Pengirimian alat-alat kelistrikan menggunakan kapal milik TNI.

“Seluruh perbaikan ini memerlukan upaya masif dan berkelanjutan, mengingat banyaknya infrastruktur kelistrikan yang rusak parah usai gempa. Upaya ini juga kami lakukan bersama TNI AL dan kepolisian,” jelas Djoko.

Diketahui, akibat gempa yang mengguncang NTB berturut-turut menyebabkan sejumlah infrastruktur rusak parah. Paling banyak infrastuktur yang rusak adalah jaringan listrik. (Bud)

Artikel sebelumnyaDinkes Jateng Optimistis Program BIAS Berhasil
Artikel selanjutnyaPersiapkan Sensus Penduduk 2020, BPS Jateng Petakan Manajemen Risikonya

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini