Karena Testing, Kasus COVID-19 di Jateng Terus Naik

Rapid Test di Stasiun Tawang Semarang
Calon penumpang kereta api menjalani pemeriksaan Rapid Test di Stasiun Tawang Semarang.

Semarang, Idola 92,6 FM – Pemprov Jawa Tengah menyebut, masuknya provinsi ini menjadi posisi ketiga dalam kasus COVID-19 secara nasional memang sudah diprediksi sebelumnya. Hal itu terjadi, lantaran dari upaya testing COVID-19 yang dilakukan secara masif.

Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan posisi Jateng dalam pandemi COVID-19 memang sudah diprediksi bakal tinggi, karena memang faktor dari adanya tes COVID-19 secara masif. Setiap daerah di Jateng sudah ditargetkan, untuk melakukan pemeriksaan COVID-19 guna mencapai target 4.991 tes setiap hari.

Ganjar menjelaskan, dari hasil testing COVID-19 yang dilakukan setiap hari itu akan mendapatkan data soal persebaran dan penularannya. Dari data yang didapatkan itu, bisa dianalisa daerah-daerah dengan peningkatan kasus tertinggi atau terendah di Jateng.

Baca Juga:

Menurutnya, para bupati/wali kota di Jateng tetap diingatkan untuk tidak terlalu risau jika daerahnya mengalami kenaikan jumlah kasus karena testing COVID-19.

“Jawa Tengah akan naik terus. Selama beberapa minggu ini akan naik terus, karena kita memang gencar sekali melakukan testing. Makanya saya sampaikan juga, para bupati/wali kota harus melakukan testing. Jadi enggak usah takut gitu kan. Datanya disampaikan saja, justru biar kita tahu. Sesuai perintah pak presiden, harus melakukan testing semuanya. Pasti nanti akan ketahuan di masing-masing wilayah, kondisinya seperti apa,” kata Ganjar, Kamis (5/8).

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, dari pemeriksaan tes COVID-19 yang dilakukan secara masif juga bisa memberikan jalan bagi pemerintah untuk bertindak cepat. Terutama, saat ditemukan adanya klaster baru penularan COVID-19.

“Kalau klasternya diketahui, maka tracingnya jalan. Kalau sudah begitu, penanganannya bisa lebih maksimal,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaPemprov Jateng Sampaikan Duka Mendalam Terkait Tragedi Ledakan di Lebanon
Artikel selanjutnyaPolda Jateng Awasi Kepemilikan Senjata Api Sipil