11 Tokoh di Jateng Terima Vaksin Tahap Pertama

Ganjar Pranowo Disuntik vaksin Sinovac
Gubernur Ganjar Pranowo mengawali menerima vaksin Sinovac di tingkat Provinsi Jawa Tengah, Kamis (14/1).

Semarang, Idola 92,6 FM – Dinas Kesehatan Jawa Tengah menyiapkan dosis vaksin Sinovac untuk 11 tokoh, yang menerima penyuntikan vaksin tahap pertama di RSUD Tugurejo Semarang. Selain gubernur dan wakil gubernur, juga ada pangdam IV/Diponegoro dan kapolda Jateng serta perwakilan tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Jateng Yulianto Prabowo mengatakan untuk tingkat provinsi, pelaksanaan vaksinasi dikonsentrasikan di RSUD Tugurejo Semarang. Seluruh perwakilan tokoh masyarakat dan tokoh agama sudah memenuhi undangan, dan menerima vaksin COVID-19 bersama dengan pejabat utama se-Jateng.

Yulianto menjelaskan, pada tahap pertama vaksinasi ini pihaknya sudah mendistribusikan sebanyak 56.860 dosis vaksin ke tiga daerah di Jateng. Penyuntikan pertama dilakukan pada 14 Januari, dan berikutnya pada 14 hari berikutnya.

Menurutnya, seluruh calon penerima vaksin akan menjalani pemeriksaan skrining awal yang meliputi pemeriksaan kondisi kesehatan tekanan darah dan sebagainya.

“Jadi, pada prinsipnya sasaran sudah siap dan sarana prasarana siap serta faskes siap. Logistik pendukung juga sudah siap. Jadi, untuk vaksin pertama Sinovac ini memerlukan suhu penyimpanan itu antara 2-8 derajat Celcius,” kata Yulianto, Kamis (14/1).

Lebih lanjut Yulianto menjelaskan, setelah para penerima vaksin mendapat suntikan akan dilakukan monitoring selama 30 menit. Yakni, memantau ada tidaknya efek samping setelah divaksin.

Sementara itu Gubernur Ganjar Pranowo menyatakan bahwa setelah menerima suntikan vaksin, tidak merasakan efek samping selain rasa seperti digigit semut di tempat yang disuntik vaksin.

“Dan pesan saya bukan berarti setelah divaksin, protokol kesehatannya menurun. Awas. Begitu divaksin, tetap saja kita protokol kesehatannya ketat. Nanti kalau sudah semua sebagian besar 70 persen warga negara kita, sudah demikian maka kita lihat apa kemudian yang terjadi dan bagaimana imunitasnya,” ujar Ganjar.

Ganjar lebih lanjut meminta masyarakat, agar tidak perlu ragu terkait dengan program vaksinasi yang dilakukan. Sebab, program vaksin menjadi upaya dalam rangka memerangi pandemi COVID-19. (Bud)

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini