Semarang, Idola 92.6 FM – Saat ini, perhatian dunia tersita ke India. India sebagai salah satu Negara berpenduduk terbesar di dunia ini, dalam beberapa waktu terakhir mengalami darurat penanganan Covid-19. India melaporkan lebih dari 300 ribu kasus baru setiap hari selama empat hari terakhir. Kondisi ini membuat rumah sakit-rumah sakit kolaps. India pun mengalami krisis tabung oksigen.

Menyusul kian parahnya peningkatan Covid-19 di India, Indonesia pun mengambil kebijakan antisipatif. Indonesia menutup akses kedatangan bagi WNA dari dan ke India. Pemerintah mulai 25 April lalu juga menutup semua akses masuk bagi warga dari India dan pelaku perjalanan dari India ke Indonesia.

Baru-baru ini pun sejumlah personel TNI dan Polri diturunkan ke salah satu hotel yang berada di kawasan Menteng Jakarta Pusat—dimana terdapat puluhan warga India di hotel tersebut yang terindikasi positif Covid-19 tapi tak mau diisolasi.

Lantas, belajar dari kian parahnya peningkatan Covid-19 di India, upaya apa yang mesti ditingkatkan dalam antisipasi dan penanggulangan Covid-19?

Untuk memperoleh gambaran atas persoalan ini, radio Idola Semarang berdiskusi dengan narasumber dr. Riris Andono Ahmad, Ahli Epidemiologi/Direktur Pusat Kedokteran Tropis Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. (her/yes/ao)

Dengarkan podcast diskusinya:

Artikel sebelumnyaMemetik Pelajaran dari Insiden KRI Nanggala-402 dan Ironi Modernisasi Alutsista Kita
Artikel selanjutnyaBagaimana Mestinya ASEAN Membawa Myanmar Keluar dari Krisis Politik dan Kemanusiaan?

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini