Semarang, Idola 92.6 FM – Papua selain dikenal dengan kekayaan sumber daya alamnya ternyata juga memiliki kekayaan kearifan lokal yang menjunjung tinggi toleransi antaragama. Salah satunya tradisi bakar batu komunitas muslim Suku Dani di Lembah Baliem.
Di Lembah Baliem Papua kita bisa belajar tentang toleransi beragama. Lazimnya sesuai adat masyarakat setempat, selama ini dalam tradisi bakar batu di Lembah Baliem, bahan makanan yang dimasak adalah daging babi. Namun, sebagai bagian dari toleransi, babi diganti dengan ayam.
Hari Suroto, Arkeolog dari Balai Arkeologi Papua menjelaskan, dalam sejarahnya, sebelum Islam masuk, di Lembah Baliem sudah ada penganut Kristen Protestan dan Katolik. Agama Islam mulai berkembang di Lembah Baliem, berawal dari program Presiden Soekarno yang mengirimkan para relawan Pelopor Pembangunan Irian Barat (PPIB) ke seluruh pelosok Papua untuk mempersiapkan pelaksanaan Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera).
โPara relawan ini kesemuanya beragama Islam, mereka berasal dari Jawa Tengah dan Yogyakarta,โ kata Hari Suroto kepada radio Idola Semarang, Rabu (21/04) kemarin.
Menurut Hari, melalui interaksi yang intensif serta dakwah dari para relawan ini, sebagian suku Dani di Lembah Baliem kemudian memeluk agama Islam.
Dijelaskan Hari, pada mulanya Islam berkembang di Kampung Megapura, kemudian berkembang di Kampung Hitigima, Welesi, Okilikik, Araboda, Air Garam, Kurima, Tulima, Apenas dan Jagara.
โYang unik adalah suku Dani yang beragama Islam ini, masih tetap mempertahankan tradisi khas Lembah Baliem yaitu bakar batu,โ tuturnya.
Tradisi bakar batu ini dilakukan dalam menyambut ramadan dan hari besar Islam lainnya. Selama ini dalam tradisi bakar batu di Lembah Baliem, bahan makanan yang dimasak adalah daging babi.
โKomunitas muslim Dani menggantinya dengan ayam kampung atau ayam broiler yang di Papua disebut dengan ayam es,โ jelas Hari.
Hari menjelaskan, saat melakukan bakar batu, laki-laki menyusun batu di atas susunan kayu kering kemudian ditutupi dengan daun-daun serta rumput kering untuk selanjutnya dibakar. Tidak jauh dari lokasi batu dibakar, sebelumnya sudah dibuat sebuah kubangan dalam tanah.
Batu panas hasil pembakaran kemudian ditata merata di dalam lubang, selanjutnya di atas permukaan batu panas disusun berbagai jenis bahan pangan seperti sayuran, keladi, ubi jalar, singkong, pisang dan ayam. Bahan pangan ini kemudian ditutup dengan daun ubi jalar atau sayur-sayuran lainnya.
Bahan pangan ini akan matang dari panas panas yang bersumber dari batu. Setelah semua bahan pangan disusun, tumpukan makanan itu kemudian ditutup rapat dan kemudian meletakkan lagi batu panas. โSetelah tiga jam, kemudian dibuka dan semua bahan makanan pun sudah matang dan siap disantap,โ ujarnya.
Dalam tradisi bakar batu menyambut ramadan ini, lanjut Hari, biasanya dilakukan di halaman masjid atau mushola. Dalam pelaksanaanya dilakukan secara bergotong royong, melibatkan Suku Dani yang beragama Nasrani.
โPelajaran berharga yang dapat diambil dari kehidupan beragama di Lembah Baliem adalah rasa toleransi beragama yang tinggi. Selain itu tradisi warisan leluhur masih dipertahankan,โ tandasnya.
Selengkapnya, mengenal tradisi bakar batu Komunitas Muslim Suku Dani di Lembah Baliem, babi diganti ayam, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Hari Suroto, Arkeolog dari Balai Arkeologi Papua. (har/yes/her)
Dengarkan podcast wawancaranya:
Listen to 2021-04-21 Obrolan Puasa – Hari Suroto – Tradisi bakar batu komunitas suku Dani di Lembah Baliem byRadio Idola Semarang on hearthis.at
Listen to 2021-04-21 Obrolan Puasa – Hari Suroto – Tradisi bakar batu komunitas suku Dani di Lembah Baliem byRadio Idola Semarang on hearthis.at