Indonesia Giving Festival, Ajang Keterbukaan Lembaga Zakat Terhadap Publik

Selain itu pada hari yang sama (Jumat, 23/12), menurut Bambang, selain penghargaan deretan capaian kinerja lembaga zakat ini perlu disampaikan publik dengan harapan, bahwa gerakan zakat di Indonesia telah terbukti mampu memberdayakan kaum dhuafa. Bambang juga berharap lembaga-lembaga zakat di seluruh Indonesia semakin maju dalam menjalankan program, melaksanakan kegiatan, mengelola lembaga secara bertanggung jawab dan mampu memberikan laporan transparan kepada masyarakat secara luas.

Indonesia Giving Fest - Zakat Expo 2022
Hari pertama pagelaran Indonesia Giving Fest – Zakat Expo 2022 pada Jumat (23/12) berlangsung dengan meriah dan penuh keseruan di Tennis Indoor Senayan Jakarta. (Foto Dok. Forum Zakat (FOZ))

”Lembaga zakat harus mampu memberikan akses bagi masyarakat untuk tahu lebih banyak apa yang kita lakukan. Ini adalah bentuk akuntabilitas kita terhadap publik dan pertanggungjawaban kita kepada Allah SWT. Mewakili seluruh lembaga zakat, apa yang dipaparkan oleh Dompet Dhuafa hari ini menjadi semangat bagi kita untuk terus berjuang. Jaya terus lembaga zakat di Indonesia.” ujarnya.

Maka gagasan lembaga zakat untuk mengelola program, harus sampai pada tahap program tersebut dan tidak hanya pada satu kali eksekusi saja. Ini lah gagasan yang terus dikembangkan Dompet Dhuafa sampai hari ini.