Semarang, 92.6 FM-Proyek pembangunan jalan Tol Semarang-Solo sudah mencapai seksi ketiga, yakni ruas Bawen-Salatiga. Saat ini, ruas Tol Bawen-Salatiga sepanjang 17,56 kilometer itu sudah mencapai 82 persen dan siap beroperasi pada April 2017 mendatang.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, bila ruas Tol Bawen-Salatiga sudah bisa dioperasikan pada April mendatang, maka Lebaran tahun ini bisa dilalui secara penuh. Namun demikian, proses pembangunan ruas Tol Bawen-Salatiga masih menyisakan pekerjaan lapangan. Yakni satu segmen sepanjang dua kilometer berupa perbukitan, tepatnya di wilayah setelah jembatan Tuntang.

Gubernur berharap, pada bulan ini pengerukan satu segmen bisa segera diselesaikan. Sehingga, target yang ditetapkan bisa sesuai jadwal.

“Harapannya di Lebaran nanti bisa dilalui, sekarang masih 82 persen. Punggung bukit yang menjadi kendala pengerjaan proyek, mudah-mudahan bisa selesai bulan ini,” ujar Ganjar, Kamis (16/2).

Sementara itu, pimpinan proyek Tol Bawen-Salatiga Indriono menyatakan, ruas Tol Bawen-Salatiga melintasi 15 desa dengan luas 182,39 hektare. Pengerjaan yang masih menjadi kendala sepanjang dua kilometer terus dilakukan pengerjaan setiap hari selama 24 jam.

Sementara, untuk pengeprasan bukit, hanya bisa dilakukan saat kondisi tidak hujan. Menurut Indriono, selama Januari hingga pertengahan Februari terus turun hujan. Akibatnya, proses pengerjaan terpaksa dihentikan. (Bud)

LiteSpeed Web Server, Pure RAID 10 SSD Drives, DDoS Mitigation, CloudLinux, Free migration, Multiple PHP Versions. Innovative, cutting-edge and pioneering, Honest, caring and humble, Secure, fast and robust.