Pertamina MOR IV Perkuat Kapasitas BBM di Masa Arus Balik Nanti

GM Pertamina MOR IV Iin Febrian memberi ucapan selamat bertugas kepada sopir mobil tangki sebelum meninggalkan TBBM Pengapon Semarang, Selasa (4/6).

Semarang, Idola 92.6 FM – Masa arus mudik Lebaran sudah usai, dan pemudik dari Jakarta serta kota-kota lain di sekitarnya telah sampai ke kampung halaman. Namun demikian, masih ada yang melakukan perjalanan mudik pada hari raya Lebaran.

GM Pertamina MOR IV Iin Febrian mengatakan pada pelaksanaan arus mudik Lebaran tahun ini, bisa dikatakan berjalan lancar dan tidak ditemukan kendala berarti yang membuat masyarakat kesulitan mendapatkan bahan bakar minyak (BBM). Baik yang ada di jalan tol Trans Jawa, maupun jalur reguler di pantura dan selatan Jawa Tengah.

Menurutnya, berdasarkan data yang ada terjadi peningkatan kebutuhan BBM di wilayah tol Trans Jawa hingga 420 persen. Untuk jenis Gasoline, ada peningkatan kebutuhan sebesar 22 persen dari kebutuhan normal.

Iin menjelaskan, meski stok dan pasokan BBM dirasa aman saat arus mudik, pihaknya tetap akan mengoptimalkan pada masa arus balik. Sebab, waktu arus balik hanya dua hari dan diprediksi lebih padat dibanding saat arus mudik kemarin.

“Kita saat ini sudah mengantisipasi arus balik, karena tentu kita ingin meyakinkan pemudik dapat kembali ke tempat asal dengan baik. Untuk itu, kita prepare lebih maksimal lagi. Kalau saat arus mudik, masyarakat datang secara bertahap dan ada tiga gelombang. Tapi kalau saat balik, berangkat relatif bersamaan di Sabtu dan Minggu. Tentunya, kita menambah kapasitas pelayanan di jalan tol atau reguler,” kata Iin di sela pemantauan stok di TBBM Pengapon Semarang, Selasa (4/6) sore.

Lebih lanjut Iin menjelaskan, untuk menghadapi masa arus balik Lebaran nanti yang diperkirakan dimulai pada Jumat (7/6) dan puncaknya pada Sabtu-Minggu (8-9/6), pihaknya telah melakukan berbagai persiapan.

“SPBU di tol stoknya sangat cukup, tangki timbun mencapai 120 KL untuk Gasoline. Sedangkan mobil tangki yang disiapkan, antara 3-5 armada dengan kapasitas 120 KL,” jelasnya.

Iin berharap, para pemudik yang akan kembali ke tempat asal bisa memersiapkan kendaraannya dengan mengisi BBM penuh sebelum berangkat dan mengisi kembali saat indikator BBM menunjukkan kapasitas setengah tangki. (Bud)

Artikel sebelumnyaLebaran, Jangan Kalap Dengan Makanan Bersantan
Artikel selanjutnyaKapolda: Pelaku Bom Kartasura Sudah Jalin Komunikasi Dengan ISIS Sejak 2018

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini