Jakhumfest 2023 Dibuka, Ajakan Kepedulian Semakin Luas Terbuka

Selain itu, Dompet Dhuafa juga menggelar lokakarya tentang cara membangun ekosistem yang inklusif. Lokakarya ini diisi oleh Silang (PT Inovasi Digital Inklusi), sebuah perusahaan teknologi yang bergerak di bidang inovasi digital. Hal ini bertujuan untuk membangun ekosistem inklusif bagi teman tuli dan teman dengar (sapaan bagi orang yang mendengar).

Jakhumfest 2023
Jakhumfest 2023 mengajak publik membangun ekosistem inklusif dengan teman tuli & teman dengar bersama silang.id. (Poto/Dok. Dompet Dhuafa)

Putri Sri Hanitami sebagai Mitra Aquisition silang.id mengungkapkan, kolaborasi yang terjalin dengan Dompet Dhuafa, nantinya silang.id akan mempraktikan beberapa bahasa isyarat yang bisa diikuti oleh seluruh pengunjung. Pihaknya mendukung Workshop Bahasa Isyarat di mana dari pengunjung nanti bisa ikuti aktivitas untuk belajar bahasa isyarat. “Ada teman-teman tuna rungu yang akan mengajarkan dan sedikit juga kita share tentang dunia tuli dari silang pun ada support ada juru bahasa isyarat jadi ada teman tuli yang akan hadir. Seperti tadi di opening ceremonial sudah ada, talk show pun sudah ada, dan sound of humanity juga udah ada jadi teman tuli bisa menikmati konsernya dengan adanya juru bahasa isyarat,” terang Putri saat diwawancarai.

Sejalan dengan tujuan Start-Up berbasis teknologi edukasi ini, Dompet Dhuafa berusaha menghadirkan wadah untuk menuju masyarakat Indonesia inklusif, yaitu kesetaraan aksesibilitas, kolaborasi antara teman Tuli dan teman dengar serta membangun isu Tuli sebagai pengembangan ilmu pengetahuan.

Beberapa layanan belajar berbasis teknologi yang digelar berlangsung layaknya kelas tatap muka yang dapat dipelajari oleh para pengunjung Jakhumfest 2023. Lokakarya ini dibimbing oleh salah seorang Edukator Tuli sekaligus Co-Funder silang.id, Bagja.

“Senang sebenarnya bisa berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa, karena ini membuat festival dengan konsep yang inklusif. Karena memang bisa melibatkan teman-teman tuli untuk bisa menikmati setiap acaranya dari yang Jakhumfest adakan. Misalkan semua acara ini ada akses juru bahasa isyarat otomatis saat teman tuli hadir itu bisa akses gitu,” ungkap Bagja dengan bahasa isyarat.