Hari Ini 31 Daerah di Jateng Serentak Vaksinasi

Proses vaksinasi di RS Bhakti Wira Tamtama
Kepala Dinkes Jateng Yulianto Prabowo melihat proses vaksinasi yang dilakukan di RS Bhakti Wira Tamtama Semarang.

Semarang, Idola 92,6 FM – Hari ini secara serentak ada 31 kabupaten/kota se-Jawa Tengah, yang menggelar vaksinasi untuk termin kedua. Bio Farma mengirimkan tambahan kuota vaksin Sinovac termin kedua sebanyak 248.600 dosis, dan semuanya telah dikirim ke kabupaten/kota se-Jateng.

Kepala Dinas Kesehatan Jateng Yulianto Prabowo mengatakan vaksin sebanyak 248.600 dosis yang dikirimkan termin kedua itu, dengan sasaran 122.617 tenaga kesehatan di 32 kabupaten/kota. Sesuai rencana, setiap kabupaten/kota pencanangan vaksinasi dilakukan terhadap kepala daerah dan forkopimda setempat serta tokoh masyarakat dan agama.

Menurutnya, Dinas Kesehatan kabupaten/kota sejak Sabtu (23/1) dan Minggu (24/1) sudah mengambil kuota vaksin masing-masing.

Yulianto menjelaskan, vaksin yang digunakan di termin kedua ini masih memakai vaksin Sinovac dan setiap orang mendapat dua dosis dengan interval penyuntikan 14 hari.

“Ada 21 kabupaten/kota yang melaporkan akan melakukan pencanangan vaksinasi. Ada satu yang tidak bareng, yaitu Wonogiri. Wonogiri itu akan memulai tanggal 26 hari Selasa, dan yang lain hari Senin,” kata Yulianto, Minggu (24/1).

Sementara itu Gubernur Ganjar Pranowo menyatakan, kabupaten/kota yang telah menerima vaksin diharapkan bisa melakukan percepatan vaksinasi. Sehingga, ditargetkan pada pekan pertama Februari 2021 sudah semua tenaga kesehatan disuntik vaksin COVID-19.

Menurut Ganjar, untuk termin pertama vaksinasi di Jateng sudah hampir selesai dan penyuntikan kedua dilakukan pada Kamis (28/1) besok.

“Bupati dan forkopimda sudah menjadi contoh seperti di provinsi dan pusat, untuk mereka disuntik vaksinasi dan langsung diikuti para nakes. Sehingga, harapan percepatan kita bisa terlaksana. Pak menkes kemarin cukup mengapresiasi kita. Jadi, ada beberapa provinsi yang kemarin diapresiasi karena bisa melakukan dengan baiklah kira-kira begitu,” ujar Ganjar.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, untuk di wilayah Jateng pelaksanaan vaksinasi berjalan baik dan cepat. Bahkan, mendapat apresiasi dari Kementerian Kesehatan. (Bud)

Artikel sebelumnyaBagaimana Mengefektifkan PPKM?
Artikel selanjutnyaPolda Jateng Siapkan 9 Titik Tilang Elektronik

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini